arenxhu24.blogspot.co.id

Sabtu, 18 Februari 2017

MAKALAH MYOB







MAKALAH MYOB





Disusun Oleh :
....................................
Kelas : XI AK 2






BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Di era globalisasi dewasa ini, kebutuhan akan adanya sistem informasi manajemen yang baik adalah kebutuhan yang sangat krusial bagi perusahaan. Penggunaan komputer di dalam otomatisasi kantor dan sistem yang terpadu adalah keharusan bagi perusahaan untuk eksis dalam dunia bisnis. Karena itu, para profesional pun dituntut untuk bisa mengembangkan keahlian di bidang komputer secara terus menerus. Salah satu dasar sistem informasi manajemen yang krusial adalah penggunaan program akuntansi dalam melakukan transaksi bisnis.
Dengan demikian, penggunaan program akuntansi adalah kebutuhan mendasar untuk menjalankan bisnis, seperti halnya pemasaran dan operasi. Dengan program akuntansi, seluruh aspek bisnis yang dikelola dapat diukur dengan tepat waktu, tanpa harus menunggu selesainya laporan yang harus dibuat secara manual dan memakan waktu lama. Informasi akuntansi sangat berguna bagi aktifitas perusahaan atau manajemen dalam mengambil keputusan. Informasi ini sangat penting artinya untuk perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan yang efektif untuk kelangsungan hidup perusahaan. MYOB adalah program akuntansi yang didesain untuk memenuhi kebutuhan penyediaan informasi akuntansi, sekaligus sebagai alat pengolah laporan keuangan.
Sangatlah tidak sempurna apabila kita hanya memperlengkapi para mahasiswa dengan pengetahuan teoritis tanpa ada tambahan pengetahuan di bidang teknologi informasi bagi para mahasiswa jurusan ekonumi khususnya. Apalagi jika pihak universitas tidak bisa memperlengkapi tenaga sarjana dengan keahlian siap kerja, maka masa depan universitas juga masih menjadi tanda tanya besar di kemudian hari untuk bisa eksis dalam dunia pendidikan.
            Di negara-negara maju seperti Australia, Amerika dan Canada, pelatihan program MYOB telah diajarkan sebagai mata kuliah wajib bagi para mahasiswa jurusan Ekonomi sejak tahun 1990 an. Di Indonesia, sedikit demi sedikit kami mulai memperkenalkan program MYOB bagi mahasiswa dengan harapan para mahasiswa akan mampu bersaing dengan para lulusan luar negeri dalam hal keahlian dan kompetensi.

1.2 Tujuan
Ada dua tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan makalah ini yaitu tujuan instruksional umum dan tujuan instruksional khusus.
1. Tujuan Instruksional Umum
Siswa mampu merancang nomor rekening dan membuat linked account.

2.  Tujuan Instruksional Khusus
a.  Siswa dapat membuat rekening untuk perusahaan jasa;
b.  Siswa dapat mengenali rekening yang bertipe Header, Detail dan Account Type;
c.  Siswa dapat mengatur tingkatan level yang dirancang;
d.  Siswa dapat membuat dan mengatur linked account;
e.  Siswa dapat menghapus, mengedit dan menambah rekening baru;
f.   Siswa dapat mengekspor dan mengimpor data account.





























BAB II
LANDASAN TEORI

2.1   Definisi MYOB Accounting
MYOB singkatan dari Mind Your Own Business. Myob Accounting adalah aplikasi akuntansi terpadu yang memadukan beberapa modul dengan fasilitas lengkap, fleksibel & mudah digunakan sehingga menghasilkan laporan keuangan dengan cepat & akurat. MYOB Accounting memfokuskan pada perusahaan jasa dan dagang disamping jenis perusahaan yang lain pun bisa juga diterapkan. Paling cocok aplikasi ini diterapkan pada perusahaan menengah kebawah, untuk perusahaan besar rasanya tidak memadai, karena biasanya perusahaan besar jumlah transaksinya sangat komplek sehingga biasanya mempunyai program yang dirancang sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Selain memudahkan dalam membuat laporan keuangan Myob juga menjamin proteksi file data sehingga tidak mudah diubah orang lain.

2.2   Keunggulan MYOB Accounting dibandingkan dengan software sejenis,           diantaranya :
·         Mudah digunakan (user friendly), Mudah dimengerti oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan yang mendalam tentang komputer dan akuntansi serta sangat mudah dioperasikan dan dapat diterapkan pada berbagai jenis usaha.
·         Pembuatan laporan keuangan secara otomatis, lengkap dan akurat, Terdiri dari  berbagai jenis laporan keuangan dibuat secara otomatis, meliputi : neraca saldo,  neraca, laporan rugi laba, laporan pembelian dan penjualan, daftar umur piutang, jurnal transaksi, persediaan barang dan sebagainya sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan.
·         Kemampuan menampilkan data secara cepat dan mudah, Dilengkapi dengan fasilitas untuk menampilkan data secara cepat dan mudah pada layar computer atau dicetak ke printer.
·         Laporan keuangan komparasi, Menyajikan laporan keuangan komparasi baik neraca, laporan laba rugi maupun penjualan dengan data historis bulan lalu atau tahun sebelumnya.

2.3   Cara Menginstall Software MYOB Accounting
1. Masukkan CD master MYOB ke dalam CD ROM pada PC anda
2. Pilih MYOB Accounting dan klik Install
3. Pilih International
4. Klik Next, pilih Indonesia
5. Klik Accept
6. Pilih Typical, lalu klik Next
7. Jika sudah selesai, klik Finish dan muncul MYOB help online.
2.4             Program MYOB Accounting
Pengaktifan program MYOB bisa dilakukan dengan dua cara :
1. Pilih All Program pada menu Start, lalu cari program MYOB V.15
2. Double klik shortcut MYOB V.15
OPEN  =  digunakan untuk membuka salah satu data yang sudah dibuat  atau dimiliki;
CREATE = digunakan untuk membuat data akuntansi yang baru, apabila anda membuat data baru;
EXPLORE = digunakan untuk mengesplorasi contoh data akuntansi yang disertakan pada waktu anda menginstal myob
WHAT’S NEW = digunakan untuk mendapatkan berbagai informasi baru yang belum terdapat pada program myob  versi sebelumnya.
EXIT = digunakan untuk keluar dari program myob.

2.4.1        Membuka Data Lama Perusahaan (Open)
         Untuk membuka data perusahaan yang telah dibuat sebelumnya,     maka klik         OPEN. Selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti berikut, klik tanda panah    pada kotak Look in untuk mencari lokasi penyimpanan file.  Kemudian Klik nama file nya, lalu klik Open.

2.4.2        Membuat Data Baru Perusahaan (Create)
1.      Untuk memulai data baru klik Create, kemudian klik Next untuk meneruskan proses creating. Tampilan sebagai berikut :
2. Berikutnya, akan muncul kotak dialog Company Information.
3. Isikan data perusahaan :
·         Company Name : isi dengan nama perusahaan
·         Company No. : isi dengan nomor izin
·         VAT No. : isi dengan nomor NPWP
·         Address : isi dengan alamat perusahaan Phone Number : isi dengan nomor telepon perusahaan
·         Fax Number : isi dengan nomor fax perusahaan
·         Email Address : isi dengan alamat email perusahaan
Khusus data tentang Company Name harus diisi, karena kalau tidak diisi maka program tidak bisa melanjutkan ke proses berikutnya. Sedangkan data yang lain bisa diabaikan.
4. Setelah selesai, klik Next untuk meneruskan proses pengisian info tentang    tahun fiscal akuntansi pembukuan. Tampilan sebagai berikut :
·         Current Financial Year : isi dengan tahun pembukuan akuntansi
·         Last Month Financial Year : isi dengan bulan penutupan pembukuan
·         Conversion Month : isi dengan bulan mulai pembukuan
·         Number of Accounting Periods : isi dengan banyaknya bulan dalam satu tahun (MYOB hanya memberikan 2 pilihan yakni twelve atau thirteen)
Catatan :
Apabila Last Month Financial Year : Desember, kemudian Conversion Month : Januari maka opening balance-nya terdiri dari Asset, Liabilities dan Equity.
Apabila periode akuntansi Januari sampai dengan Desember, tetapi setiap akhir bulan dibuat Neraca Saldo (misal 30 November), maka Conversion Month : Desember
5. Klik Next dan MYOB akan mengkonfirmasi ulang data tahun fiscal akuntansi perusahaan yang dimasukkan. Jika ada kekeliruan, klik Back   untuk   memperbaikinya.
6. Setelah itu klik Next dan anda akan dihadapkan pada 3 pilihan dalam membuat Account List, diantaranya :
·         I would like to start of the list provided by MYOB Accounting. Jika anda memilih opsi ini, artinya anda menyusun account dengan berpedoman pada sample list yang dibawa oleh MYOB
·         I would like to import a list of accounts provided by my accounting after I’m  done creating my company file, artinya account list diimport dari program lain.
·         I would like to build my own accounts list one I begin using MYOB, artinya account list dibuat sendiri.
(dari ketiga opsi pilihan, pada akhirnya akan menghasilkan output yang sama).
7. Klik Next
8. Klik Next. Berikut adalah menentukan nama dan lokasi penyimpanan file untuk data perusahaan yang dibuat. Caranya adalah dengan mengklik tombol Change, kemudian tentukan lokasi penyimpanan dan nama file yang diinginkan. Misalnya Anda akan menyimpan di drive C atau di drive D.
9. Kemudian klik Next dan tunggu proses pembuatan data baru selesai.
10. Pilih Command Center.
2.4.3        Melihat Contoh Data Perusahaan (Explore)
            MYOB menyediakan contoh data perusahaan yang telah selesai dibuat. Klik          Explore, kemudian klik Ok.
                         
2.4.4        Menutup Program MYOB (Exit)
            Untuk menutup program MYOB klik Exit.


2.4.5 Format Tanggal dan Simbol Mata Uang
            Format tampilan tanggal dan simbol mata uang (currency) seperti $ dan Rp mengikuti
            setting Windows yang digunakan. Format tanggal dan satuan mata uang dapat diubah      sesuai dengan setting yang diinginkan melalui Start Menu, pilih Control Panel pilih        International Setting atau Regional & language Options dilanjutkan dengan mengklik       tab       Date & Currency atau Regional Options.

2.4.6    Mengenal Shortcut
Ketika anda menggunakan software MYOB anda bisa menggunakan mouse/shortcut /keybord untuk melakukan perintah. Berikut ini beberapa fungsi tombol apabila anda menggunakan keybord (Des masih berantakan tolong dirapihin)
Tombol                                                                                                Fungsi
Ctrl + 1                                                                                    Aktifkan modul Accounts
Ctrl + 2                                                                                    Aktifkan modul Banking
Ctrl + 3                                                                                    Aktifkan modul Sales
Ctrl + 4                                                                                    Aktifkan modul Purchases
Ctrl + 5                                                                                    Aktifkan modul inventory
Ctrl + 6                                                                                    Aktifkan modul Card File
Ctrl + N                                                                                   Buat file baru
Ctrl + O                                                                                   Buka file yang sudah ada
Ctrl + P                                                                                    Mencetak laporan
Ctrl + G                                                                          Menampilkan Record Journal Entry
Ctrl + T                                                                            Menampilkan jendela To Do List
Ctrl + Y                                                                            Find Transaction
Ctrl + D                                                                           Receive money

2.5    Accounts & Linked Account
Berkerja dengan modul Account anda bisa mengaktifkan modul tersebut yang ada di jendela command centre, pada awal modul ini anda dapat memasukkan beberapa informasi penting seperti pencatatan awal transaksi atau laporan keuangan suatu perusahaan , melihat bagan akuntansi, memisahkan laporan keuangan suatu perusahaan , melihat bagan akuntansi, memisahkan laporan keuangan berdasarkan jenis usaha yang dimiliki oleh perusahaan dan sebagainya.
Account list  :
Merupakan sub menu dalam account yang berfungsi untuk mengaktifkan pembuatan rekening baru dengan membedakanantara rekening Header, Detail dan Detail check.
Record Journal entry :
Digunakan untuk membuka jendela Geneal Journal entry dimana kita dapat memasukkan transaksi-transaksi sesuai dengan pembacaan jurnalumum. Menu ini merupakan menuutama dalam myob yang bisa digunakan untuk mencatat semua transaksi sesuai dengan konsep jurnal umum yang dilakukan secara manual.
Transaction Journal :
Digunakan untuk membuka jendela transaction journal, dimana anda dapat melihat informasi tentang seluruh transaksi yangb telah dicatat dalam journal sesuai dengan tanggal yang anda tentukan.
Setiap kali anda mengaktifkan salah satu modul yang terdapat pada jendela Accounts, maka akan ditampilkan command button yang berhubungan dengan modul tersebut
A.  Accounts list
Sub menu account ini digunakan untuk menunjukkan nama-nama rekening buku besar yang dipakai dalam perusahaan dengan melihat kode, nama rekening, serta level yang akan dipakai. Dalam account list ini nama rekening dikelompokkan menjadi 8 kelompok yaitu Asset (aktiva), liability (kewajiban/utang), Equity (ekuitas/Modal), Income (Pendapatan usaha), Other income (pendapatan lain-lain/pendapatan diluar usaha).
            Sebelum mengoperasikan jurnal umum untuk memasukkan transaksi yang berkaitan dengan aktivitas perusahaan. Anda harus memastikan terlebih dahulu seluruh account yang berkaitan dengan transaksi tersebut. Pernyataan account secara default menggunakan bahasa Inggris sehingga apabila anda bekerja dengan myob anda akan mengalami kesulitan dalam membaca transaksi, anda bisa mengganti accout tersebut sesuai dengan yang anda inginkan sehingga dalam pelaksanaannya anda akan lebih mudah membaca dan memahaminya.
            Setiap daftar nama account akan dikelompokkan berdasarkan jenis account , terdapat delapan tab yang mewakili aktiva, kewajiban, modal,biaya dan sebagainya, masing-masing pengelompokan memiliki nama account yang berhubungan dengan jenis account, selain pemberian nama account yang didasarkan sesuai dengan jenis kelompok account pemberian nama account juga disesuaikan dengan nomor account, selain itu anda juga dapat  menambahkan account baru atau menghapus account yang sudah ada untuk menunjang laporan akuntansi yang disajikan.
            Setiap account akan diberi penomoran dengan awal nomor sesuai dengan kelompok account. Penomoran terdiri dari 5 digit, 1 digit pertama untuk nomor yang disesuaikan dengan kelompoknya, sedang 4 digit berikutnya anda bisa memasukkan nomor sendiri yang berbeda satu dengan yang lainnya dan harus diisi.
            Account juga dibedakan menjadi beberapa tipe, anda akan menemukan perbedaan tipe account ini pada jendela accounts list . Tipe Account meliputi :
Header accounts
Digunakan untuk menuliskan kode rekening yang sifatnya akumulatif dari suatu saldo . apabila suatu rekening bersatatus header maka rekening ini tidak dapat digunakan untuk item dalam jurnal baik jurnal umum maupun jurnal khusus, dengan kata lain status header hanya digunakan untuk menjumlahkan saldo rekening dibawahnya

Detail Accounts
Digunakan untuk mencatat rekening yang dipakai dalam jurnal baik jurnal umum maupun jurnalkhusus, selain itu juga berfungsi untuk mensetup rekening yang digunakan dalam linked account yang berfungsi sebagai dasar dalam menghubungkan suatu nama rekening dengan modul jurnal yang dipakai di myob
            Secara default nama account akan mengikuti setting komputer yang ada. Apabila anda mengalami kesulitan dalam menghafal nama account myob memberi fasilitas untuk mengubah nama account, menghapus dan menambahkan daftar account.

B.   Linked Account
Rekening dalam suatu perusahaan sangat tergantung pada kebutuhan untuk mencatat transaksi , sehingga untuk jenis perusahaan yang sama sangat mungkin memiliki jumlah rekening berbeda.. Sebagian rekening dalam account list saling terkait dengan rekening lainny  (linked account), keterkaitan rekening tersebut sangat berfungsi mengkoordinasikan beberapa nomor rekening untuk penyusunan laporan keuangan, rekening yang saling terkait dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu :
1.    Account and Banking Account
2.    Sales Account, yaitu link akun yang berhubungan dengan penjualan
3.   Purchase Account, yaitu link akun yang berhubungan dengan pembelian
Untuk masuk kedalam kotak dialog linked account dengan cara clik menu setup, pilih linked account kemudian pilih salah salah satu kelompok linked account
               Akun-akun yang biasa digunakan pada link account dan harus disesuaikan dengan
            link standar yang diberikan MYOB :
            • Undeposited Funds diganti dengan Kas atau Bank
            • Trade Debtors Piutang Usaha / Piutang Dagang
            • Cheque Account Kas atau Bank
          • Trade Creditors Utang Usaha / Utang dagang



Langkah-langkah mengubah Link Account :
1.      Klik menu Setup – Linked Accounts – Accounts & Banking Account
2. Klik tanda panah  untuk mengganti akun, pilih Kas kemudian klik Use Account
3. Pilih Yes, kemudian klik Ok
4. Lanjutkan dengan link pada Sales Account dan Purchases Account,

2.      MEMBUAT LINK UNTUK PAJAK (PPN)
Link yang dimaksudkan adalah untuk PPN Masukan dan PPN Keluaran.
Caranya adalah klik menu List – Tax Codes.
1. Kemudian pilih VAT Value Added Tax, klik tanda panah untuk mengedit.
2. Editlah kolom-kolom tersebut seperti berikut :
• Tax code : PPN
• Description : Pajak Pertambahan Nilai
• Rate : 10%
• Linked Account for Tax Collected : PPN Keluaran
Linked Account for Tax Paid : PPN Masukan
3.Kemudian klik OK – Close

2.3 Kegunaan MYOB yang digunakan
Berikut kegunaan MYOB dalam kegiatan administrasi perusahaan :
1.      Sebagai alat bantu orang – orang untuk menyelesaikan pekerjaan akuntansi;
2.      Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan;
3.      Mengerti lebih dalam bisnis;
4.      Membantu kita dalam proses penjualan & pembelian, track piutang usaha (receivable), hutang usaha (payable) & pajak (GST), Invoice dll.
Semuanya hanya dengan mengklik beberapa tombol saja;
5.      Memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan;
6.      Mengelola barang & jasa.








BAB III
STUDI KASUS & PEMBAHASAN

3.1              Studi Kasus Perusahaan Jasa

Soal
Berikut ini adalah transaksi yang dilakukan oleh Braga Motor mulai dari tanggl
01 sd 31 Maret 2010
01 Maret       Membayar utang usaha sebesar Rp. 1.200.000
05 Maret       Menerima penghasilan  pekerjaan reparasi yang telah selesai
                      Rp. 4.500.000
10 Maret       Menerima pelunasan dari seorang debitur sebesar Rp. 1.000.000
12 Maret       Membeli perlengkapan reparasi secara kredit seharga Rp. 900.000
15 Maret       Membayar sewa gedung untuk bulan maret Rp. 1.000.000
16 Maret       Menerima penghasilan  pekerjaan reparasi yang telah selesai
                      Rp. 3.500.000
17 Maret       Membeli peralatan reparasi seharga Rp. 12.000.000, dimana
Rp. 3.600.000 dibayar tunai sedangkan sisanya dibayar bulan depan.
20 Maret       Membayar rekening listrik Rp. 250.000, biaya iklan Rp. 380.000
25 Maret       Anda mengambil uang untuk keperluan pribadi sebesar
Rp. 1.200.000
31 Maret       Dibayar gaji karyawan untuk bulan maret sebesar Rp. 2.400.000
31 Maret       Diselesaikan pekerjaan reparasi kepada pelanggan sebesar
Rp. 1000.000 tetapi  masih diterima bulan depan

Buatlah Report
1.      General Journal
2.      Profit and loss
3.      Standar balance sheet







Jawaban
1.      Transaksi tanggal 1 Maret 2010, masukkan pada Record Journal Entry, sbb.: masukkan tanggal, ketik memo, masukkan jurnalnya sesuai pada kolom debet dan kredit.kalau sudah balance baru di record.
2.      Maret 01, Membayar utang usaha sebesar Rp. 1.200.000,.
(Hutang Usaha  debet , kas  kredit)
3.      Maret 05 Menerima penghasilan atas pekerjaan reparasi yang telah diselesaikan sebesar Rp. 4.500.000.
( Kas debet, pendapatan jasa kredit)
4.      Maret 10, menerima pelunasan dari seorang debitur Rp. 1000.000.
(Kas debet, piutang usaha kredit)
5.      Maret 12, Membeli  perlengkapan reparasi secara kredit seharga Rp. 900.000
( perlengkapan debet, hutang usaha kredit)
6.      Maret 15, Membayar sewa gedung untuk bulan Maret Rp. 1.000.000,-
(Biaya sewa gedung  debet,kas kredit)
7.      Maret 16, Menerima penghasilan atas pekerjaan yang telah diselesaikan sebesar Rp. 3.500.000.-
(Kas   debet,  pendapatan jasa kredit)
8.      Maret 17 , membeli peralatan reparasi seharga Rp. 12.000.000, dibayar tunai Rp. 3.600.000, sisanya dibayar bulan depan
( Peralatan bertambah, kas berkurang, hutang bertambah)
9.      Maret 20, Membayar rekening listrik Rp. 250.000, biaya advertensi/iklan Rp. 380.000.00
       ( Biaya Listrik dan iklan debet, Kas kredit)
10.  Maret 25, Diambil uang untuk keperluan pribadi sebesar Rp. 1.200.000.-
(Prive debet ,  kas  kredit )
11.  Maret 31, membayar gaji karyawan Rp. 2.400.000.-
(Biaya gaji debet, Kas kredit)
12.  Diterima pendapatan  sebesar Rp. 1.000.000,- tapi belum diterima
( Piutang dagang debet, pendapatan jasa kredit)
Transaksi jurnal bisa dilihat , klik transaction journal pada modul account, ganti tanggal bulan dan tahun sesuai jurnal mulai dari tanggal 1 ber akhir tanggal 31 maret 2010

Hasil dari laporan keuangan
Laba rugi : Klik report, klik profit and loss, klik customize, klik bln maret klik display
Neraca             : Klik Report, klik balance, klik display
Standar Balance sheet
3.2           Langkah – Langkah di dalam membuat, mengubah & menghapus nama account
3.2.1        Langkah – langkah membuat Account baru :
1.      Aktifkan jendela account list dengan menekan tombol account list yang ada di       jendela command centre;
2.      Tekan Icon New (Perhatikan Tanda Panah)   
3.      Kemudian setelah di klik Icon new maka akan tampil jendela edit account seperti berikut :
4. Tentukan jenis/kategori account dengan memilih tombol opsi header account (non postable) & detail account (postable). Tentukan kategori account yang dibuat pada bagian account clasification,
5.      Jika anda memilih salah satu kategori account, maka digit pertama pada account                number akan disesuaikan dengan kategori account tersebut.
6.      Masukkan nomor account pada bagian account number, nomor account terdiri                    dari 4 digit dan harus diisi.
7.      Untuk nomor account yang baru usahakan tidak ada yang sama dengan nomor                   account yang sudah ada pada bagian account
8.      Masukkan nama account baru pada bagian account name
9.      Tekan Ok untuk mengakhiri proses  jika anda ingin membuat baru, tekan new                     lagi proses sama seperti di atas.

3.2.2        Langkah – Langkah mengubah nama account :
1.      Aktifkan jendela account list dengan menekan chart of accounts.
2.   Klik dua kali pada account yang akan diubah namanya,
3.      Ketikkan nama account yang baru pada bagian account name
4.      Tekan OK
      Untuk nama account yang merupakan identifikasi kelompok account (header         account, maka nomor perkiraannya tidak bisa diubah, sedang untuk nama account yang    berdiri sendiri, yang merupakan jenis account (Detail Cheque account) maka nomor perkiraannya dapat diubah misal General cheque account (Kas), Trade Debtors (piutang Usaha) dan sebagainya.
            Dalam Program myob ini juga menyediakan fasilitas untuk  menambah atau membuat account baru sesuai dengan yang anda kehendaki, juga bisa membuat account    berdasarkan tipe dan kategori account.





3.2.3    Langkah – langkah menghapus nama account :
1.    Dari Account List, Doubel klik account yang yang akan dihapus atau klik tanda panah disamping account.
2.    Pilih menu Edit , klik Delete Account (perhatikan tanda panah) maka account tadi akan terhapus. Tampilan sebagai berikut :
3.    Tekan OK

3.3       Eksport Data Acount
            Nomor dan nama rekening yang sudah dibuat, dapat dijadikan sebagai data account dengan extention TXT, maka akan dapat digunakan beberapa kali dengan studi kasus yang berbeda. Apabila semua nomor account sudah dibuat semua. Langkah selanjutnya adalah membuat master account jasa/dagang dengan langkah sebagai berikut :
Klik file, pilih export data account;
Pilih bulan dimana tadi kita sesuaikan desain di awal tadi yaitu bulan maret , klik continue
klik match all
Klik export, simpan data di folder, beri nama file tersebut.




















BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
            Kesimpulan penulis yang didapat dari penyusunan makalh ini adalah sebagai berikut:
1.  MYOB adalah salah satu software akuntansi yang dapat digunakan dalam perusahaan
2.   MYOB adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil dan menngah (UKM) yang dibuat secara terpadu (integrated software).
3.   Modul yang dimiliki MYOB antara lain: Account, Banking, Sales,                          Pembelian, Modul persediaan, Stock Control, & Card File.
4.   Langkah sederhana mengerjakan akuntansi menggunakan MYOB Versi 15 yaitu dengan :
·         Double klik Myob dari desktop
·         Pilih Create
·         Open dipilih ketika ingin melanjutkan pekerjaan
·         Klik next
·         Isi dengan lengkap data perusahaan
·         Klik next
·         Pilih back jika ingin kembali
·         Pilih cancel jika ingin batal
·         Tentukan Current financial year
·         Last month
·         Convention Month
·         Number of accounting Period
·         Klik next
·         Klik next jika data perusahaan yang dibuat sudah benar
·         Klik back jika data perusahaan yang dibuat belum benar
·         Pilih cancel jika tidak ingin melanjutakan
·         Pilih Account list lalu klik next
·         Klik next
·         Pilih dan klik modul account
·         Pilih dan klik account list
·         Setup lingked accounts & banking accounts, Setup lingked accounts sales account, setup lingked accounts purchases accounts
·         Tax code linked account
·         Card file (untuk membuat data supplier ndan customer perusahaan)
·         Inventory (untuk membuat data persediaan)
·         Jenis Transaksi (sales, sales return,purchases, purchases return, penerimaan piutang, pelunasan utang, penerimaan kkas, pembayaran beban-beban)
·         Penyesuaian (klik record journal entry, isi tanggal transaksi, pilih account yang akan disesuaikan, tentukan jumlah debit/credit, record)
·         Rekonsiliasi bank.

4.2 Saran
MYOB didesain untuk memenuhi kebutuhan penyediaan informasi akuntansi, sekaligus sebagai alat pengolah laporan keuangan dalam perusahaan dan dapat digunakan oleh karyawan/personal. Banyaknya software yang beredar dipasaran saat ini, khususnya dibidang Akuntansi membuat Anda harus hati-hati untuk menentukan software yang mana yang akan digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar